Sabtu, 02 April 2016

Tugas 5 PKN Universitas Gunadarma

Ketahanan Nasional 

 

Pengertian Ketahanan Nasional


Pengertian dari ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari luar maupun datang dari dalam. Juga secara langsung maupun tidak langsung yang dapat membahayakan integrasi, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Asas-Asas Ketahanan Nasional


Asas ketahanan nasional adalah tata laku yang didasari nilai-nilai yang tersusun berdasarkan pancasila, UUD 1945 dan Wawasan Nusantara. Yang terdiri dari:

1. Asas Kesejahteraan dan keamanan,

asas kesejahteraan dan keamanan merupakan asas dalam sistem kehidupan nasional.

2. Asas komperhensif Integral atau Menyeluruh Terpadu 

ketahanan nasional  mencakup ketahanan segenap aspek kehidupan bangsa secara utuh, menyeluruh dan terpadu (komperhensif integral)

3. Asas Mawas ke Dalam dan Mawas ke luar

  • Mawas ke dalam tujuan nya yaitu mebubuhkan hakikat sifar dan kondisi kehidupan nasional itu sendiri berdasarkan nilai-nilai kemandirian yang proporsional untuk meningkatkan kualitas derajat kemandirian bangsa yang ulet dan tangguh.
  • Mawas keluar yaitu untuk dapat mengantisipasi dan berperan serta mengawasi dampak lingkungan strategis luar negri dan menerima kenyataan adanya interaksi dan ketergantungan dengan dunia internasional.

4. Asas Kekeluargaan
Asas kekeluargaan mengandung keadilan, kearifan, kebersamaan, gotong-royong, tenggang rasa, dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.



Pengaruh Aspek Ketahanan Nasional Pada Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Tiap-tiap aspek terutama aspek-aspek dinamis didalam tata kehidupan nasional relatif berubah menurut waktu, ruang dan lingkungan sehingga interaksi nya menciptakan kondisi umum yang sangat kompleks dan amat sulit. Dari pemahaman tentang hubungan tersebut tentang gambaran bahwa konsepsi ketahanan nasional akan menyangkut hubungan antara aspek yang mendukung kepribadian yaitu:

1.Aspek yang berkaitan dengan alam bersifat stasti, yang meliput aspke geografi, aspek kependudukan, dan aspek sumber kekayaan alam.

2.Aspek yang berkaitan dengan sosial bersifat dinamis, yang meliput aspek ideologi, apek politik, aspek sosial budaya, dan aspek pertahanan keamanan.


Keberhasilan Ketahanan Nasional Indonesia

Ketahanan nasional mempunya aspek utama yaitu kesejahteraan dan keamanan. Kesejahteraan dan kemanaan adalah dua aspek ketahanan nasional yang dapat dibedakan tetapi tak dapat dipisahkan. Sebab itu megusahakan terwujudnya ketahanan nasional hakikatnya merupakan suatu proses membentuk kesejahteraan dan keamanan buat negara dan bangsa. Ada kalanya bangsa berada dalam tingkat perjuangan yang memerlukan titik berat pada kesejahteraan, sedangkan pada tingkat perjuangan lain mungkin juga titik berat harus pada keamanan. Namun sekalipun titik berati diletakan pada salah satu aspek, aspek yang lain tidak boleh hilang sama sekali. Sebab seperti dalam ilmu hitung apabila kita kalikan satu angka dengan nol, hasilnya menjadi nol pula. Jika kalau salah satu aspek sama sekali tidak diperhatikan, ketahan nasional akan sama dengan nol atau tidak ada Ketahanan Nasional. Paling baik adalah kalau kita dapat membentuk kondisi harmonis antara kesejahteraan dan keamanan meskipun hal itu tidak mudah di capai.


Kesimpulan :

Suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan. Kondisi kehidupan nasional merupakan pencerminan ketahanan nasional yang didasari oleh landasan idiil Pancasila. Ketahanan nasional mempunyai aspek utama yaitu kesejahteraan dan keamanan. Ketahanan nasional hakikatnya merupakan suatu proses membentuk kesejahteraan dan keamanan bagi bangsa dan negara. Masalah dalam negeri dan luar negeri dapat kita lakukan dalam pertahanan negara. Secara langsung maupun tidak langsung dapat membahayakan integrasi. Maupun identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara. 





Sumber :
http://rpgjhunphio.blogspot.co.id/2013/04/ketahanan-sosial.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar